Kamis, 06 Mei 2010

Pertanyaan 2: Mengusap Leher/Tengkuk Ketika Wudhu

Para mantan LDII menuliskan bahwa mengusap tengkuk ketika wudhu haditsnya adalah dhoif. Lucunya, mengusap tengkuk ketika berwudhu ini juga ada di hadits Shohih Bukhori No. 179. Jelas bahwa pada Shohih Bukhori, hadits-hadits di dalamnya shohih semua.

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ قَالَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ عَمْرِو بْنِ يَحْيَى الْمَازِنِيِّ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ رَجُلًا قَالَ لِعَبْدِ اللَّهِ بْنِ زَيْدٍ وَهُوَ جَدُّ عَمْرِو بْنِ يَحْيَى أَتَسْتَطِيعُ أَنْ تُرِيَنِي كَيْفَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَوَضَّأُ فَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ زَيْدٍ نَعَمْ فَدَعَا بِمَاءٍ فَأَفْرَغَ عَلَى يَدَيْهِ فَغَسَلَ مَرَّتَيْنِ ثُمَّ مَضْمَضَ وَاسْتَنْثَرَ ثَلَاثًا ثُمَّ غَسَلَ وَجْهَهُ ثَلَاثًا ثُمَّ غَسَلَ يَدَيْهِ مَرَّتَيْنِ مَرَّتَيْنِ إِلَى الْمِرْفَقَيْنِ ثُمَّ مَسَحَ رَأْسَهُ بِيَدَيْهِ فَأَقْبَلَ بِهِمَا وَأَدْبَرَ بَدَأَ بِمُقَدَّمِ رَأْسِهِ حَتَّى ذَهَبَ بِهِمَا إِلَى قَفَاهُ ثُمَّ رَدَّهُمَا إِلَى الْمَكَانِ الَّذِي بَدَأَ مِنْهُ ثُمَّ غَسَلَ رِجْلَيْهِ

Telah menceritakan kepada kami 'Abdulloh bin Yusuf, dia berkata, telah mengabarkan kepada kami Malik dari 'Amr bin Yahya Al Mazini dari Bapaknya bahwa ada seorang laki-laki berkata kepada 'Abdullah bin Zaid [dia adalah kakek dari 'Amr bin Yahya]: "Bisakah engkau perlihatkan kepadaku bagaimana Rasulullah saw berwudhu?" 'Abdulloh bin Zaid lalu menjawab, "Tentu." Abdulloh lalu minta diambilkan air wudlu, lalu ia menuangkan air pada kedua tangannya dan membasuhnya dua kali, lalu berkumur dan mengeluarkan air dari dalam hidung sebanyak kali, kemudian membasuh mukanya tiga kali, kemudian membasuh kedua tangan dua kali dua kali sampai ke siku, kemudian mengusap kepalanya dengan tangan, dimulai dari bagian depan dan menariknya hingga sampai pada bagian tengkuk, lalu menariknya kembali ke tempat semula. Setelah itu membasuh kedua kakinya."

Berikut postingan lengkapnya:

============================================

Pertanyaan : Anda telah mengatakan bahwa mengusap leher/tengkuk ketika wudhu tidak ada dalilnya, tapi kami menemukan hadits dalam Sunan Abu Dawud dan lainnya: “Aku melihat Rasulullah mengusap kepalanya satu kali hingga ke permukaan tengkuknya” dalam riwayat lain: “Nabi mengusap kepalanya dari depan ke belakang hingga beliau mengangkat tangannya dari bawah telinganya (من تحت أذنيه)

Benar, tidak ada dalil yang shahih, sedangkan hadits yang anda sebutkan dhaif, telah diingkari oleh banyak ahli hadits dari dulu sampai sekarang. Diantaranya Imam Ibn Hajar, An-Nawawi, Ibn Taimiyah dan Al-Albani dalam Silsilah Adh-Dhaifah no. 69. Al-Albani rahimahullahu telah mencatat tiga cacat dalam riwayat ini.

Ibn Qayyim rahimahullahu berkata, “Tidak ada satupun riwayat yang shahih dari Nabi shallallahu’alaihi wasalam tentang mengusap leher ini” (Zadul Ma’ad 1/195).

============================================